Kamis, 22 April 2010

Gugatan Bang Yos untuk Busway

Komunitas Pengguna Busway, demikian namanya. Kemarin (22/4/2010) siang di Hotel Nikko Jakarta telah resmi dideklarasikan, dengan Bang Yos atau Sutiyoso yang mantan gubernur DKI Jakarta sebagai pelindungnya. Deklarasi yang disertai diskusi ini dihadiri Bang Yos yang sepertinya sangat berkepentingan. Ada pula dari perwakilan Polantas, DLLAJ dan tentu saja para pengguna Busway.

Bang Yos disebut sangat berkepentingan karena dalam pemaparannya beliau menunjukan rasa kecewanya terhadab kondisi busway saat ini. Bang Yos mengatakan, “Kalau kondisinya begini Busway diganti Noway saja.” Karena menurutnya busway adalah anaknya dan apa yang terjadi sekarang bukan sesuatu yang dikehendakinya. Maka dengan komunitas baru ini akan coba menekan pemda agar benar-benar mengelola moda transportasi massal ini.

Meski menurut Bang Yos busway merupakan angkutan primadona dan dia mengaku mendapat dukungan banyak pihak, tapi sesungguhnya sejak awal tak sedikit yang menentangnya. Saya sendiri pernah mengharamkan diri naik busway ketika dioprasikan beberapa tahun lalu. Walaupun akhirnya tak kuasa menolak takdir, ketika suatu ketika tak mampu menghindar dari keharusan menggunakan busway. Menurut saya ini hanya proyek cari untung pribadi, tak beda dengan aneka proyek pelayanan publik yang mengabaikan prioritas. Tapi perlahan saya mulai memaklumi busway, sampai akhirnya muncul perasaan kalau penolakan saya dulu itu benar. Semua tahu, bahkan Bang Yos sebagai bapaknya busway sendiri mengakui kalau pelayanannya kini kian memperihatinkan.

Kian tidak sterilnya jalur busway, pintu otomatis di halte yang tidak berfungsi, sparator lepas, masa tunggu yang lama adalah masalah-masalah yang nyata kini. Umumnya masyarakat diam dan mungkin memaklumi, karena hampir tak ada sesuatu yang tak bermasalah dinegri ini, tapi tuntutan perbaikan harus disuarakan.

Dan akhirnya, komunitas ini layak didukung oleh para pecinta busway, karena didalamnya ada Bang Yos, bapak busway yang tentunya merasa paling bertanggung jawab atas suksesnya proyek busway.

Tidak ada komentar: