Senin, 11 Februari 2013

Kota Tua Jakarta, Nasibmu

Saya orang yang senang dengan bangunan-bangunan tua. Entah mengapa, yang jelas bangunan-bangunan tua di manapun selalu mengesankan, entah itu saya saksikan langsung atau lewat foto. 


Bangunan tua di Indonesia banyak ragamnya, dan yang saya maksud di sini adalah bangunan peninggalan jaman kolonial Belanda yang gampang ditemui. Tak hanya di Jakarta yang di kawasan Kota Tua banyak berjejer gedung-gedung peninggalan jaman kolonial Belanda, di kampung saya di Brebes bangunan tua peninggalan Belanda pun banyak.

Cuma ketika bicara bangunan-bangunan tua itu, yang ada rasa jengkel. Banyak bangunan bersejarah di Indonesia sekarang telah hancur atau sengaja dihancurkan entah dengan alasan apa. Pabrik gula di dekat tempat tinggal saya di Banjaratma Brebes kini tinggal puing-puing dan semak belukar, rumah tangsinya yang 20 tahun lalu bikin warga sekitar ngiri kini jadi menakutkan.

Di Kota Tua Jakarta yang obyek wisata pun kondisinya memperihatinkan. Banyak gedung-gedung yang siap ambruk, dan yang masih kokoh berdiri pun kondisinya tak terurus. Padahal sebagai kawasan wisata mestinya dirawat mengingat semua peninggalan masa lalu itu merupakan pemandangan untuk dinikmati. Kalau menyaksikan bangunan tua di luar negri yang terawat, yang ada rasa jengkel saja, kenapa kita tidak bisa seperti itu.

3 komentar:

birthday party mengatakan...

mungkin bisa di bilang sudah tak terawat lgi kondisinya ..

Muhammad A Vip mengatakan...

tak dirawat lebih tepat

ahmad muazim abidin mengatakan...

di kotaku (tuban) juga banyak bangunan tua dengan arsitektur kuno... beberapa diantaranya tidak terawat meskipun sepertinya kepemilikannya pada swasta