Rabu, 29 September 2010

Mengingkari Fitrah

Malam selasa kemarin ada yang ngajak halal bilalal di Gedung Juang Kebon Sirih Jakarta. Kupikir ada sungkem-sungkeman di acara tersebut, ternyata tidak karena bukan acara halal bihalal ternyata, tapi acara diskusi rutin senenan Gerakan Revolusi Nasional (GRN). Yang malam itu karena masih suasana bulan syawal disebut oleh beberapa yang hadir sebagai syawalan revolusi.

Acara yang mungkin rutin diadakan di sana itu adalah acaranya Jendral (Purn) Tyasno Sudarto. Acara yang mungkin sebagai unjuk kepedulian anak-anak bangsa yang prihatin dengan keterpurukan negri yang pernah disebut gemah ripah loh jinawi ini. Sebab dari yang saya saksikan di sana, seluruh pembicara menyampaikan hal-hal yang merupakan problem bagi negri ini.

Beberapa pembicara rasanya merupakan tokoh masyarakat. Selain Pak Tyasno ada juga Gus Nuril (kyai yang nyentrik karena rambutnya gondrong). Ada juga Adang Nurmansyah, Koordinator Jawara PD Pasar Jaya. Mereka bergilir memaparkan pendapat mereka yang di akhiri dengan sesi tanya jawab (untuk sesi terakhir saya tak ikut karena sudah malam).

Pak Tyasno memaparkan bahwa persoalan bangsa ini disebabkan karena kita (terutama pemimpinnya) mengingkari fitrah kita. Dikatakannya bahwa fitrah bangsa indonesia adalah Pancasila. Dan kita telah mengingkari nilai-nilai yang ada pada Pancasila. Ketuhanan Maha Esa diganti keuangan yang maha kuasa, gotong royong diganti individualisme dan musyawarah diganti voting. Maka menurutnya, sebagaimana dikatakan dalam Al Quran: Barang siapa mengingkari nikmatku sesungguhnya adzabku sangat pedih, kini Indonesia menanggung akibat atas pengingkaran-pengingkaran yang ada.

Mereka sesuai dengan nama gerakannya Gerakan Revolusi Nasional, menganggap jalan terbaik untuk mengatasi masalah yang ada adalah REVOLUSI. Entah seperti apa yang mereka gagas untuk proyek perbaikan negri ini, yang pasti negri ini butuh perbaikan dan orang seperti mereka tentu saja diperlukan. Semoga niat mereka tulus dan negri ini tidak hancur sia-sia.

4 komentar:

Neng Rara mengatakan...

assalamualaikum..
kunjungan perdana
wah keren banget nih..
salam

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

yah, semoga

TUKANG CoLoNG mengatakan...

negara ini harus kembali ke fitrahnya

the others... mengatakan...

Semoga aku tidak termasuk dari golongan orang2 yang mengingkari nikmatNYA, Amin