Senin, 14 April 2008

Ditemukan Bukti Lagu ”Rasa Sayange” Asli Indonesia


Solo:Perusahaan Percetakan Negara Lokananta Solo menemukan arsip rekaman lagu ”Rasa Sayange”. Menurut Kepala PPN Lokananta, Roektiningsih, lagu tersebut direkam pada 15 Agustus 1962. ”Sebagai souvenir Asian Games IV di Jakarta,” katanya kepada wartawan, Selasa.

Diketahuinya rekaman tersebut merupakan cidera mata tampak dari sampulnya yang ada tulisannya ”Souvenir from Indonesia, untuk 'the Fourth Asian Games”. Menurut Roektiningsih, lagu itu direkam dan digandakan atas perintah dari Presiden RI waktu itu Ir. Soekarno kepada Menteri Penerangan R. Maladi.

”Pita reel master rekamannya masih ada,” katanya sembari menunjukkan nomor registernya 253.

Dari lagu yang diperdengarkan, penyanyinya lebih dari satu orang. Lagu direkam dalam piringan hitam bersama beberapa lagu lain seperti Sorak-sorak Bergembira, O Ina ni Keke dan Sengko Sengko Dainang . ”Durasi lagi tersebut selama 2 menit 40 detik,” kata Roektiningsih.

Staf Kementrian Pariwisata, Seni dan Budaya Jordi Pariaman, menemui Kepala PPN Lokananta untuk meminta bukti rekaman tersebut. Jodi mengatakan dengan adanya bukti tersebut, Kementeriannya akan melakukan langkah tertentu terhadap Malaysia yang menggunakan lagu Rasa Sayange sebagai jingle iklan pariwisatanya. IR/Tempo

Tidak ada komentar: