Sabtu, 25 November 2017

Guru Jaman Now

Ada peringatan Hari Guru Nasional ternyata kemarin (25.10.2017). Saya yang bukan guru tentu saja tidak begitu ngeh walau tahu ada yang namanya Hari Guru. Dan kemarin saya baru ngeh karena anak-anak sekolah esde lebih cepat pulangnya daripada biasanya. Mungkin gurunya sedang menikmati ‘harinya’ sehingga para siswa bolehlah bebas belajar.



Rupanya semua guru kemarin sama menikmati Hari Guru Nasional itu, cuma caranya saja yang berbeda. Ada yang mengadakan acara jalan sehat, ada yang di sekolah mengadakan acara makan-makan ( saya yang punya saudara guru dapat antaran nasi kuning) dan mungkin ada acara yang lain. Dan sudah pasti siswa boleh merdeka dari segala beban berdiam di dalam kelas.

Saya belakangan jadi heran dengan kehidupan sekolah yang sepertinya tidak lagi mengutamakan pendidikan. Dengan banyaknya sekolahan dan orang berprofesi guru gampang ditemui, saya dengan sedikit pengamatan mendapati hal-hal ganjil. Seperti sekolah gampang bebas, guru banyak kegiatan di luar sekolah ( kondangan, arisan, dll) dan banyak guru yang padahal berstatus pegawai negeri tapi lebih banyak sibuk cari duit di luar profesinya sebagai guru.


Kalau melihat fenomena ‘kids jaman now’ yang memperihatinkan saya kira tak lepas dari kenyataan guru jaman now juga. Semoga saya salah menilai.

Tidak ada komentar: